Salah satu hal yang paling essensial untuk para pengendalian hama adalah memiliki pengetahuan dan meneliti kebiasaan yang dimiliki Tikus di tempat yang memiliki masalah hama Tikus. Karena tikus memiliki kebiasaan yang berbeda di setiap tempat.

Pada umumnya Tikus suka menjelajah untuk mencari sumber makanan namun Tikus juga memiliki rasa takut akan adanya hal baru di lingkungannya. Hal ini dapat disebut juga sebagai “Neophobic”. Neophobia adalah salah satu indera Tikus yang dapat melindungi dirinya sendiri terhadap hal yang baru dan tidak diketahui yang dapat membahayakan dirinya seperti contohnya disuguhkan racun makanan yang bukan merupakan makanan kebiasaannya atau alat – alat monitor  pest control lainnya.

Sehingga akibat dari adanya indera Neophobia yang dimiliki Tikus membuat tikus tersebut dapat mengacuhkan umpan racun sampai tikus tersebut yakin bahwa racun tersebut adalah sumber makanannya.

Tingkat Neophobia pada tikus ini dapat berbeda disetiap tempat tergantung tingkat gangguan terhadap tikus tersebut. Misalnya jika gangguan jarang terjadi terhadap tikus biasanya tingkat Neophobia yang dimiliki adalah tinggi. Sedangkan jika gangguan sering terjadi terhadap tikus maka tingkat Neophobianya adalah rendah.